Individu - "PEMBANGUNAN SIRKUIT MOTO GP DI LOMBOK" - Nadya Safhira R.A (044116400)
Indonesia terpilih secara langsung menjadi salah satu tuan rumah gelaran balap bertaraf internasional oleh Dorna Sports yaitu penyelengara Moto GP. Ada beberapa tempat yang yang dipandang cocok untuk gelaran valapan internasional itu, diantaranya yaitu di Sentul dan di Lombok.
Dilansir dari Motosport.com, sang ketua Carmelo Ezpeleta mengunjungi Lombok bulan oktober 2018. Dari kunjungan tersebut ia mengatakan akan ada pengumuman resmi rencana pembangunan sirkuit dalam waktu dekat. Ezpeleta memilih daerah Mandalika yang berlokasi di bagian selatan Lombok karena letaknya yang strategis dengan Kawasan Ekonomi Khusus, daerah kawasan bisnis terutama untuk resort dan hotel serta pemandangan yang bagus di perkotaan yang cocok dijadikan arena balap.
Bila sirkuit di Mandalika rampung, artinya Moto GP akan hadir secara resmi di negara ketiga terbesar di dunia dalam pasar roda dua. Target penyelesaian pembangunan sirkuit ini rencananya akan rampung pada tahun 2021.
Klasifikasi Publik dalam kategori Hubungan Masyarakat (Public Relations)
1) Publik Internal dan Publik Eksternal
• Publik Internal:
1. Vinci Construction Grand Projects (VCGP) selaku investor utama
2. Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC)
3. Dorna Sports
• Publik Eksternal:
1. Staff
2. BUMN
3. Komunitas Moto GP Indonesia
2) Publik Primer, Publik Sekunder, dan Publik Marginal
2) Publik Primer, Sekunder, dan Marginal
• Publik Primer:
1. Presiden Republik Indonesia
2. Direktur Konstruksi & Oprasi ITDC
3. PT. Waskita
• Publik Sekunder:
1. Karyawan
2. Kepala Dinas Pariwisata NTB
• Publik Marginal
1. Pengamat otomotif
2. Influencer Youtubers otomotif
3. Warga sekitar daerah Mandalika
3) Publik Tradisional dan Future Traditional
• Publik Tradisional:
1. Penonton warga sekitar Mandalika maupun daerah lainnya di Indonesia
2. Penonton mancanegara
3. Crew/Panitia Moto GP/Volunteer
• Future Traditional:
1. Turis lokal
2. Turis mancanegara
3. Usaha resort dan hotel-hotel yang menyediakan fasilitas penginapan di daerah sekitar Mandalika
4) Publik Pendukung, Publik Penentang, dan Publik Uncommited
• Publik Pendukung:
1. Kementerian Pariwisata Republik Indonesia
2. Pemerintah Provinsi NTB
3. Warga Lombok
• Publik Penentang: -
• Publik Uncommited:
1. Masyarakat awam
2. Sebagian masyarakar yang tidak tertarik dengan balapan motor
3. Usaha Kecil Menengah (UKM) warga Lombok
5) Publik Silent Mayority dan Publik Vocal Minority
• Publik Silent Mayority:
1. Masyarakat awam
2. Juri acara Moto GP
• Publik Vocal Minority:
1. Pers massa
2. Pers lokal serta mancanegara
3. Media Sponsorship
• Publik Internal:
1. Vinci Construction Grand Projects (VCGP) selaku investor utama
2. Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC)
3. Dorna Sports
• Publik Eksternal:
1. Staff
2. BUMN
3. Komunitas Moto GP Indonesia
2) Publik Primer, Publik Sekunder, dan Publik Marginal
2) Publik Primer, Sekunder, dan Marginal
• Publik Primer:
1. Presiden Republik Indonesia
2. Direktur Konstruksi & Oprasi ITDC
3. PT. Waskita
• Publik Sekunder:
1. Karyawan
2. Kepala Dinas Pariwisata NTB
• Publik Marginal
1. Pengamat otomotif
2. Influencer Youtubers otomotif
3. Warga sekitar daerah Mandalika
3) Publik Tradisional dan Future Traditional
• Publik Tradisional:
1. Penonton warga sekitar Mandalika maupun daerah lainnya di Indonesia
2. Penonton mancanegara
3. Crew/Panitia Moto GP/Volunteer
• Future Traditional:
1. Turis lokal
2. Turis mancanegara
3. Usaha resort dan hotel-hotel yang menyediakan fasilitas penginapan di daerah sekitar Mandalika
4) Publik Pendukung, Publik Penentang, dan Publik Uncommited
• Publik Pendukung:
1. Kementerian Pariwisata Republik Indonesia
2. Pemerintah Provinsi NTB
3. Warga Lombok
• Publik Penentang: -
• Publik Uncommited:
1. Masyarakat awam
2. Sebagian masyarakar yang tidak tertarik dengan balapan motor
3. Usaha Kecil Menengah (UKM) warga Lombok
5) Publik Silent Mayority dan Publik Vocal Minority
• Publik Silent Mayority:
1. Masyarakat awam
2. Juri acara Moto GP
• Publik Vocal Minority:
1. Pers massa
2. Pers lokal serta mancanegara
3. Media Sponsorship
Tugas Individu
Kelompok 2
Kelompok 2
Komentar
Posting Komentar